5 Tips Membuat Rumah Nyaman dan Sejuk Dengan Hemat

rumah nyaman dan sejuk

Membuat rumah nyaman dan sejuk untuk ditinggali merupakan salah satu ‘kewajiban’ yang harus dilakukan setiap penghuni rumah. Untuk merealisasikannya bisa dengan cara apa saja. Misalnya melengkapi ruangan dengan tempat tidur atau kursi yang empuk, memiliki home theatre, atau lainnya.

Tidak harus selalu mahal kok, Anda juga bisa membuat rumah hunian Anda jadi lebih nyaman dengan cara yang murah dan hemat. Begini caranya.

rumah nyaman dan sejuk
Pixabay.com

Adapun Cara Buat Rumah Nyaman dan Sejuk:

Cat Terang

Salah satu hal yang dapat membuat rumah hunian memancarkan ketenangan dan kenyamanan adalah pemilihan cat dinding. Seperti yang telah diketahui, cat dinding berwarna terang dan lembut dapat memengaruhi suasana hati serta perasaan manusia.

Maka itu, pilihlah warna-warna tersebut, seperti putih, kuning muda, biru muda, merah muda, dan lainnya. Jika Anda memilih wallpaper sebagai pewarna dinding, pilihlah juga motif serta warna dasar yang halus.

Tambahkan Aroma Terapi

Kehadiran aroma terapi di rumah hunian Anda dapat membantu menghadirkan suasana rileks dan nyaman. Tidak hanya itu, aroma terapi juga dapat menghilangkan stres, menenangkan pikiran, serta memberikan rasa senang, tenang, dan damai ketika Anda tengah bersantai di rumah. Selain itu, aroma terapi yang dihadirkan di rumah juga ternyata bisa bermanfaat untuk meredakan rasa sakit.

Sirkulasi Udara

Rumah hunian yang pengap dan panas, pastinya membuat banyak Anda tidak betah. Hal itu disebabkan sirkulasi udara yang tidak lancar. Selain membuat tidak betah, udara panas pun dapat mempengaruhi kondisi tubuh menjadi tidak enak bahkan berefek pada kesehatan dalam jangka panjang.

Untuk mencegah hal itu terjadi, pastikan rumah hunian Anda memiliki saluran sirkulasi udara yang baik seperti ventilasi dan jendela. Anda juga dapat menambahkan kipas angin atau AC agar suasana rumah lebih sejuk.

Karpet Empuk

Selain kursi, sofa, serta tempat tidur yang empuk, memiliki karpet minimalis yang fluffy juga bisa menambah kenyaman Anda di rumah hunian. Anda bisa menaruhnya di kamar atau ruang televisi. Ketika udara mulai memanas, rebahkan saja badan Anda di atas karpet tersebut. Jangan lupa, tambahkan juga bantal-bantal kecil yang bisa digunakan untuk tidur-tiduran di atas karpet.

Tambahkan Tanaman

Tidak hanya mempercantik ruangan rumah hunian Anda, tanaman juga dapat berfungsi sebagai penyegar udara. Dengan udara yang segar di dalam rumah, tentu Anda akan terus merasa segar dan nyaman. Anda juga dapat membuat taman depan rumah yang sederhana. Adapun beberapa tanaman yang dapat Anda masukkan ke dalam maupun luar rumah adalah lidah mertua, palem-paleman, bunga gerbera, dan juga lavender.

Semoga tips membuat rumah nyaman dan sejuk dengan hemat dapat Anda terapkan. Semoga tips ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

menata ruangan rumah di bulan Ramadhan
Info

3 Cara Menata Ruangan Rumah di Bulan Ramadhan Agar Lebih Islami

Cara menata ruangan rumah di bulan Ramadhan – Bulan suci Ramadhan memang bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam sedunia tak terkecuali di Indonesia, Karena dibulan inilah amalan-amalan ibadah dilipatgandakan. Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan alangkah baiknya kita menata rumah agar lebih bernuansa islami dan agar menambah kekhusyuan dalam beribadah. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu : […]

Read More
Cara Menggunakan Aquaproof
Info

Cara Menggunakan Aquaproof

Majalah Properti.com – Brand Aquaproof memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita dalam hal mencegah maupun memperbaiki rumah yang bocor, karena Aquaproof adalah cat pelapis anti bocor. Lantas bagaimana cara menggunakan Aquaproof tersebut? Berikut cara menggunakan Aquaproof : Persiapan Permukaan Pastikan permukaan tidak rapuh dan bersih dari debu, karat, minyak, jamur, cat yang sudah lapuk dan […]

Read More
Cara Memilih Rumah Yang Tepat
Info

Cara Memilih Rumah Yang Tepat

Majalah Properti.com – Perkara memilih-milih rumah memang agak sulit, terlebih bagi orang yang pertamakali dilakukan.Lantas bagaimana cara memilih dan membeli rumah yang tepat.Berikut Tipsnya : Carilah Rumah Yang Anda Butuhkan Kebutuhan akan sebuah hunian adalah kebutuhan primer, pilihlah rumah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda, baik dalam hal luasan tanah maupun bangunan. Lokasi, Lokasi dan […]

Read More