7 Tips Membeli Rumah Baru yang Wajib Anda Ketahui

Memang terkadang membeli rumah terasa begitu sulit, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali melakukannya. Berbagai pertimbangan khusus biasanya akan membuat proses pemilihan rumah menjadi merepotkan dan memakan banyak waktu dan biaya.

Agar Anda bisa menekan kebutuhan biaya dan tidak membuang-buang waktu, sebaiknya Anda membaca ulasan kami ini mengenai tips membeli rumah sesuai yang Anda inginkan.

tips membeli rumah
Sumber: Pixabay.com

Tips Membeli Rumah yang Tepat Yakni

Agar pencarian rumah idaman tidak begitu lama, Anda bisa fokus dengan mencari rumah sesuai kriteria berikut ini:

Tentukan Lokasi yang Paling Tepat

Lokasi pada umumnya menjadi pertimbangan paling penting dalam memilih hunian, termasuk rumah. Pemilihan lokasi ini bisa juga berkaitan dengan kemudahan dalam mengakses jalan tol, adanya berbagai fasilitas publik, akses transportasi umum yang mudah, aman dari ancaman banjir, gempa bumi, dan lain sebagainya.

Cek Legalitas

Tips membeli rumah selanjutnya yakni cek legalitas dari rumah tersebut, pastikan rumah tersebut sudah memiliki sertifikat. Selain itu Anda juga wajib mengecek masalah perizinan, pastikan juga rumah yang akan Anda beli sudah memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan).

Tentukan Harga Sesuai Kemampuan Finansial

Permasalahan harga adalah hal yang krusial dalam pembelian rumah. Setiap orang pastinya menginginkan harga rumah yang lebih terjangkau tapi berada di lokasi strategis yang Anda inginkan.

Hal ini memang bukan hal yang tidak mungkin. Tapi jangan sampai Anda mudah tergiur dengan penawaran yang terlalu murah, cermati bangunan rumah dan reputasi pemilik atau pengembang properti tersebut.

Baca Juga:  Kelebihan Rumah Modern Minimalis

Kelengkapan Fasilitas yang Ditawarkan

Jika Anda membeli rumah di kawasan perumahan tentunya harus mencermati berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh pengembang. Fasilitas yang ditawarkan bisa berkaitan dengan fasilitas internal dan fasilitas eksternal.

Fasilitas internal bisa berupa taman bermain, tempat berolahraga, tempat ibadah dan sebagainya. Sedangkan fasilitas eksternal bisa berupa dekat dengan kawasan rekreasi keluarga, pasar, sekolah, rumah sakit dan sebagainya. Salah satu yang fasilitasnya lengkap yakni bukit podomoro yang dikembangkan oleh Agung Podomoro Land.

Kemudahan Dalam Pembayaran

Berbagai kemudahan dalam pembayaran pembelian rumah biasanya ditawarkan oleh developer, bisa berupa KPR, tunai bertahap atau tunai keras. Jika Anda sudah menyiapkan dana yang mencukupi, maka bisa memilih cara pembayaran secara tunai keras.

Biasanya pihak pengembang akan menambahkan potongan harga yang relatif besar. Tapi bila Anda mengalami keterbatasan dalam hal pendanaan, maka bisa memilih model pembayaran secara tunai bertahap atau memanfaatkan fasilitas KPR.

Memastikan Waktu Serah Terima Rumah

Anda harus memastikan kepada pihak pengembang mengenai waktu yang jelas untuk serah terima rumah. Apabila pengembang ternyata melanggar kesepakatan tersebut, maka Anda bisa menuntut ganti rugi atas pelanggaran tersebut. Oleh karenanya teliti reputasi dari pengembang tersebut.

Mengetahui Adanya Biaya Tambahan

Saat membeli rumah maka sebaiknya Anda menyediakan alokasi dana khusus untuk pembiayaan keperluan di luar harga rumah. Karena pada umumnya dalam pembelian rumah akan dikenakan kebijakan seperti biaya peningkatan BPHTB, biaya KPR, berbagai pembayaran pajak dan lain sebagainya. Besaran dana yang dibutuhkan sangat beragam, tapi sebaiknya Anda menyediakan biaya tambahan berkisar 15 persen sampai 20 persen dari harga rumah yang Anda beli.

Itulah beberapa tips membeli rumah yang wajib Anda ketahui, semoga tips ini bermanfaat!

Baca Juga:  Cara Memilih Rumah Yang Tepat

#Ads

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *