rangka atap baja ringan

Rangka Atap Baja Ringan Solusi Rangka Atap Rumah Masa Kini

Rangka atap baja ringan dapat menjadi solusi yang tepat untuk bangunan rumah Anda. Rangka atap baja yang kuat dan ringan menjadikannya sangat handal dalam menopang atap, mampu menghadapi kondisi cuaca ekstrim, tidak terganggu dari serangan rayap dan dapat bertahan hingga ratusan tahun. Sebuah investasi yang sangat menguntungkan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Rangka atap baja ringan mampu mengurangi biaya total pembangunan (total cost ownership). Pemasangannya mudah, cepat dan mampu mengurangi waktu dan tenaga kerja secara signifikan. Baja ringan yang digunakan bisa dibentuk mengikuti desain yang telah direncanakan sehingga rangka atap rumah Anda dapat diimplementasikan dengan tingkat keberhasilan mendekati 100%.

Biaya tak terduga (hidden cost) juga bisa diminimalisir hampir 0%. Sehingga bila dihitung secara cermat dengan dimensi waktu, tenaga kerja dan material akan sangat terasa penghematan yang bisa dicapai.

Bangunan rumah Anda membutuhkan biaya pemeliharaan yang rendah pada bagian atap yang didukung secara kokoh oleh baja ringan yang tepat. Ketepatan perencanaan dan pemasangan baja ringan membutuhkan jenis bahan atau materi baja yang tepat didukung oleh tim konsultan dan kontraktor yang kompeten. Semua ini bersinergi membentuk solusi yang mampu menghasilkan produk bangunan berbiaya pemeliharaan yang sangat rendah.

rangka atap baja ringan

Keunggulan Atap Baja Ringan

Perkembangan teknologi di berbagai sektor tentu memberikan dampak yang cukup besar, termasuk munculnya atap baja ringan yang biasa digunakan sebagai rangka atau penutup atap. Atap baja ringan tentu memiliki keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan kayu sebagai rangka atap pada umumnya. Hal inilah yang menjadikan atap baja ringan sebagai rangka atap paling cocok untuk berbagai jenis rumah agar awet dan tahan lama.

Tahan Lama

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh atap baja ringan bila dibandingkan dengan kayu adalah atap baja ringan bisa bertahan lebih lama dan anti rapuh meskipun telah berusia lama. Jika atap kayu membutuhkan perawatan secara intensif bahkan terkadang harus diganti karena rapuh maka atap baja ringan tidak demikian.

Tahan Api

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh atap baja ringan sebagai rangka atap rumah adalah sifatnya yang tidak membesarkan api ketika terjadi kebakaran tidak seperti layaknya atap kayu.

Ringan

Selain itu, atap baja memiliki berat yang cenderung ringan sehingga meskipun terjadi gempa besar, setidaknya atap rumah tidak akan ikut roboh. Hal ini karena bangunan tidak perlu menahan beban yang berlebih dari rangka atap yang menggunakan baja ringan.

Tahan Terdapat Cuaca

Hal lain yang perlu diketahui tentang atap baja ringan adalah sifatnya tak akan mengalami perubahan berupa penyusutan akibat perubahan cuaca ekstrem sekalipun. Kekuatan atap baja ringan tentu telah teruji.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa pemasangan atap baja ringan serta materialpun membutuhkan bantuan tangan ahli. Oleh karena itulah penting untuk mengetahui material serta harga atap baja ringan lengkap agar Anda memiliki gambaran jenis material atap baja ringan seperti apa yang dibutuhkan.

Harga Atap Baja Ringan

Secara garis besar, berikut adalah harga atap baja ringan lengkap berupa pemasangan atap baja pada rangka atap rumah. Pertama adalah Rp. 125.000/m2 untuk pemasangan atap baja ringan dengan material cnp 0,75mm yang berbahan zincalume.

Selanjutnya adalah Rp. 150.000/m2 untuk pemasangan atap baja ringan menggunakan material cnp 1,00mm yang berbahan zincalume. Dan masih banyak lagi pilihan harga atap baja ringan lengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bangunan rumah mulai dari harga Rp. 25.000/m2 hingga Rp. 330.000/m2. (*Harga ini merupakan harga estimasi)

Tips Memilih Atap Baja Ringan Murah

Memiliki rumah yang sesuai dengan keinginan adalah idaman semua orang. Biasanya rumah yang dibuat menyesuaikan dengan pemiliknya serta fungsi yang dimiliki oleh tersebut. Pembuatan rumah juga sangat berpengaruh terhadap finansial yang dimiliki oleh pemiliknya.

Banyaknya varian model rumah yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pemiliknya. Biasanya pembuatan rumah modern saat ini memasang carport di samping rumahnya untuk melindungi kendaraannya dari sinar matahari dan terpaan hujan yang dapat merusak badan kendaraan. Pembuatan carport kebanyakan menggunakan kanopi dengan bahan kayu, besi atau baja ringan.

Sebelum Anda membuat kanopi untuk melengkapi sudut rumah Anda, maka yang perlu diperhatikan adalah memilih bahan- bahan apa saja yang baik dan juga harga yang murah. Jika Anda memilih atap baja ringan, Anda perlu melihat kualitas dan keunggulan bahan baja ringan daripada bahan lainnya.

Memilih atap baja ringan sangat tepat dipilih, misalnyaa jika Anda ingin membuat carport yang diinginkan. Atap baja banyak dipilih karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lain. Atap baja ringan murah juga karena ketahanan lama yang dimiliki oleh bahan baja ringan.

Memilih atap baja ringan murah juga tidak hanya sekedar murah, kualitas dan kenyamanan juga adalah faktor utama dalam pemilihan sebuah barang. Setiap penjual jasa pembuatan atap baja ringan pastinya memiliki harga yang variatif dan juga penawaran- penawaran yang menarik agar pelanggan dapat menggunakan jasanya kembali. Biasanya dengan menggunakan diskon- diskon atau beberapa kali melakukan transaksi.

Memilih atap baja ringan biasanya memiliki kisaran harga 150.000-300.000 permeter. Harga atap baja ringan ini cukup murah dan juga variatif karena tergantung dari bahan yang digunakan. Atap baja ringan yang paling murah jika menggunakan bahan seng. Tetapi banyak kekurangan dari bahan seng. Disamping cepat bocor, juga jika hujan turun maka akan menimbulkan suara yang berisik.

Cara Menghitung Luas Atap Baja Ringan

Seiring dengan bertambahnya minat masyarakat terhadap atap baja ringan, kini sering muncul pertanyaan bagaimana cara ngitung atap baja ringan? Mungkin sedikit repot menjawab pertanyaan seperti ini, pasalnya salah perhitungan akan menyebabkan kontruksi tidak kuat dan salah-salah dapat menyebabkan atap ambruk.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara cepat menghitung luas atap baja ringan. Akan tetapi sebelum itu perhatikan istilah-istilah berikut:

Volume

Volume adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan luasan atap. Besaran volume inilah yang nantinya dijadikan patokan berapa banyak baja ringan yang diperlukan.

Overstek Genteng

Seperti yang kita tahu, bangunan memiliki 4 sisi. Pada masing-masing sisi tersebut genteng akan dibuat lebih panjang. Dengan kata lain, rangka atap nantinya akan lebih luas daripada luas bangunan. Nah, selisih antara luas panjang bangunan dengan panjang rangka atap inilah yang disebut sebagai overstek.

Derajat Kemiringan

Derajat kemiringan digunakan untuk mengukur kemiringan kuncup genteng. Derajat kemiringan diukur dari sumbu x.

Setelah tahu istiah-istilah tersebut, selanjutnya perhatikan cara ngitung atap baja ringan berikut :

V = ((panjang bangunan + overstek genteng) x (lebar bangunan + overstek genteng)) / cos (derajat kemiringan)
Misalkan saja kita ingin menghitung luas rangka atap untuk bangunan dengan ukuran 10×10 meter, overstek pada masing-masing sisi 1 meter dan derajat kemiringan 35 derajat, maka cara ngitung atap baja ringan dapat dijabarkan sebagai berikut:

V = ((10+1+1) x (10+1+1)) / cos (35)

= 144 / 0.819 =175,8 m

Mungkin dari sini Anda akan bertanya kenapa harus (10+1+1) dan bukan (10+1) ? jika Anda cermat, panjang sebuah bangunan memiliki 2 sisi yang berbeda, sisi kiri dan kanan. Oleh sebeb itu, ovestek yang dihitung juga dua sisi (masing-masing satu meter). Hal ini juga berlaku untuk sisi lebar bangunan.

Nah, mudah bukan cara menghitung luas rangka atap baja ringan? Setelah tahu cara menghitung diatas, Anda lebih mudah menentukan berapa banyak baja ringan yang diperlukan untuk membuat rangka atap. Jika tetap merasa bingung, lakukan konsultasi dengan ahlinya.

Jasa Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Jasa pasang rangka atap baja ringan kini sudah mudah dicari, dan pastikan Anda pahami benar mengenai material dan bahan yang disediakan. Serta yang pastinya harus didukung oleh tenaga yang ahli dibidangnya, disamping itu pastikan juga para penyedia jasa pasang rangka atap baja ringan mempunyai peralatan yang memadai agar dapat menghasilkan kualitas terbaik dari jasa yang akan diberikan dalam setiap proyek yang dikerjakan.

Demikianlah ulasan mengenai rangka atap baja ringan. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *