cara merawat furniture

4 Cara Merawat Furniture Agar Awet dan Tahan Lama

Cara merawat furniture – Membeli furniture bukan perkara yang murah. Terlebih lagi, tidak sedikit benda yang dibutuhkan agar rumah dan aktivitas di dalamnya terasa nyaman. Oleh sebab itu, furnitur yang dibeli haruslah dirawat sebaik mungkin agar dapat awet dan tahan lama.

Namun, sebelum memilih furniture maka pilihlan furniture dengan material dan kualitas produksi sebaik mungkin untuk meminimalkan risiko mengganti furnitur berkali-kali.

cara merawat furniture
Pixabay.com

Selain itu, tentu saja lakukan perawatan dan perhatikan kebiasaan saat menggunakan furnitur tersebut. Sekalipun sepele, kebiasaan yang dilakukan dapat berdampak terhadap ketahanan dan lamanya furnitur bisa dipakai. Nah, apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan agar furnitur di rumah bisa digunakan untuk waktu yang lama? Berikut tipsnya.

4 Cara Merawat Furniture Sebagai Berikut:

Jangan Sering Dipindahkan

Salah satu cara cepat untuk merusak furniture ialah dengan terlalu sering memindahkannya. Apalagi, bila cara yang digunakan dengan mendorong atau menyeret. Bagian-bagian dari furniture bisa saja mengendur atau bahkan terlepas yang akhirnya bisa merusak.

Mendorong atau menyeret juga dapat memperburuk tekstur furniture. Tindakan tersebut dapat berpengaruh pula pada permukaan lantai karena akan menimbulkan guratan. Bila terpaksa memindahkannya, angkat furniture dan jika terlalu berat lakukan dengan bantuan orang lain atau profesional.

Lakukan Perawatan

Perawatan merupakan bagian yang tak terpisahkan bila ingin furniture di rumah awet. Selalu ingat, untuk menjaga kebersihan furniture dari debu, noda, air, ataupun kotoran lain.

Meskipun unsur-unsur ini terlihat tidak akan berpengaruh, dengan berjalannya waktu semua noda tersebut dapat merusak tekstur dan membuat furniture terlihat kusam serta pudar. Bisa juga, lakukan pencegahan dengan mengalasi furniture, misalnya meja, untuk mencegah gesekan atau kotoran menempel pada permukaannya.

Perhatikan pula pembersih yang digunakan. Ikutilah petunjuk yang diberikan tekait cara membersihkan dan bahan-bahan yang boleh digunakan saat pertama membeli furniture.

Selain itu, periksa bagian-bagian furniture secara berkala untuk mencegah adanya kerusakan. Perkuat sekrup atau bagian lainnya agar furniture selalu berada dalam kondisi terbaik.

Jauhkan Dari Sinar Matahari Langsung

Terkena cahaya matahari secara terus menerus memiliki dampak yang tidak terlalu baik untuk furniture di rumah. Kenapa? Hal ini karena sinar tersebut dapat memudarkan warna pelapis furniture. Oleh sebab itu, letakkan furniture di area yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Bila sulit untuk dilakukan, tutupi ruangan dengan tirai saat sinar matahari mencapai puncaknya atau setidaknya jangan biarkan furniture terkena sinar dalam waktu yang lama. Beberapa jenis kaca, seperti kaca film juga ampuh menahan panas dan di saat bersamaan membuat ruangan tetap terang.

Letakan Ditempat yang kering

Lembab merupakan musuh utama bagi furniture. Bila area lembab, gejala kerusakan furniture dapat muncul lebih cepat dan jamur pun bisa bermunculan. Agar furniture awet, letakkan furniture di tempat yang kering dan sebisa mungkin hindarkan dari lingkungan yang lembab.

Itulah beberapa cara merawat furniture, semoga dalam melakukan cara diatas furniture Anda jadi semakin awet dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *