3 Jenis Plafon Ruang Tamu yang Perlu Anda Ketahui

Untuk memperindah ruang tamu ada banyak hal yang bisa kita maksimalkan dalam proses dekorasi, selain pemilihan warna cat dinding, perabotan, dan aksesori kita juga bisa mencoba untuk membuat model plafon ruang tamu yang indah.

Fungsi plafon itu sendiri tidak hanya berguna untuk memperindah ruangan saja, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan pernafasan. Sebab rumah yang tidak dipasang plafon debu-debu yang beterbangan di luar rumah akan semakin mudah masuk dan mengganggu sistem pernafasan kita.

Untuk memilih model plafon yang tepat untuk ruang tamu kita bisa melihat beberapa referensi yang ada pada internet.

Model plafon ada yang memiliki tipe sederhana dan ada pula yang memang sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga semakin tampak keindahannya dengan cara menjadikannya beberapa susunan.

Untuk semakin memperindahnya biasanya dalam plafon juga dipasang tempat untuk lampu hias. Tentu saja hal ini semakin memberikan nilai lebih dan nilai keindahan tersendiri.

plafon ruang tamu

Jenis-Jenis Plafon Ruang Tamu

Jenis plafon ada beberapa macam yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Plafon Triplek

Plafon triplek adalah jenis plafon yang lebih dulu dikenal orang, meskipun terbuat dari triplek bukan berarti jeni plafon ini tidak memiliki ketahanan yang kuat. Triplek yang digunakan untuk plafon tentu saja berbeda dengan yang digunakan untuk membuat meja atau perabotan rumah tangga lainnya.

Umumnya triplek ini terbuat dari kayu kaso yang sangat kuat dan bahkan tidak khawatir akan rubuh jika terinjak. Kekurangan dari plafon triplek ini adalah kurang kedap air sehingga ketika terjadi kebocoran pada genting maka air hujan akan begitu mudah merembes pada triplek.

Plafon Gypsum

Jenis plafon ini saat ini sudah menjadi idola baru salah satunya yakni pada model ruang tamu minimalis. Kelebihannya adalah mudah dalam pengerjaanya dan terlihat sangat rapi ketika dipasang. Selain itu rangka dari plafon gypsum ini cukup kuat, model maupun bentuknya juga bisa disesuaikan dengan permintaan kita, plafon jenis ini dapat dibuat dengan model bertingkat atau model kubah.

Plafon gypsum juga bisa dijadikan alternatif untuk kita yang menginginkan rumah dengan dua lantai, hanya saja perlu jenis rangka khusus yaitu rangka metal furing yang jauh lebih kokoh.

Plafon Kayu

Jenis plafon ini sangat sesuai untuk mewujudkan nuansa klasik kontemporer, model plafon kayu sering digunakan sebagai alternatif lain untuk semakin memperindah ruang tamu. Kita tidak perlu khawatir akan adanya penyusutan terhadap kayu yang digunakan sebagai plafon, sebab sebelum pemasangan, kayu tersebut telah melalui proses pengurangan kadar air dengan cara di oven terlebih dahulu.

Setelah memahami beberapa jenis plafon maka kita bisa dengan mudah untuk memilih model plafon ruang tamu yang paling tepat.

Leave a Reply