cara menghilangkan lumut

12 Cara Menghilangkan Lumut dan Jamur di Dinding Rumah Dengan Mudah

Cara menghilangkan lumut dan jamur di dinding rumah – Hujan dan banjir merupakan salah satu bagian dari negeri Indonesia. Hal ini bisa jadi kabar baik bagi petani yang sedang membutuhkan pengairan tetapi bisa jadi kabar buruk bagi rumah Anda.

Pasalnya, sangat mungkin sekali kelembaban dalam rumah meningkat hingga akhirnya munculah jamur di dinding rumah Anda. Kemunculan lumut dan jamur di dinding rumah ini perlu diperhatikan dan segera dihilangkan karena dapat memperburuk bangunan Anda dan juga membuat tampilannya menjadi kurang cantik dan tidak indah lagi.

cara menghilangkan lumut
unsplash.com

Lokasi Yang Sering Ada Jamur dan Lumut

Lokasi yang sering ditumbuhi lumut dan jamur adalah bagian yang lembab. Di antaranya adalah wastafel (baik yang di kamar mandi maupun yang di dapur), kamar mandi, dapur, dan dinding luar yang terkena cipratan air hujan.

Maka dari itu, perhatian pada tempat-tempat lembab harus ditingkatkan agar jamur tidak mudah berkembang dan merusak bangunan Anda. Anda juga harus melakukan tindakan pencegahan.

Penyebab Jamur dan Lumut

Cipratan hujan menjadi salah satu penyebab dari tumbuhnya lumut dan jamur di dinding rumah Anda. Namun, ini bukan satu-satunya penyebab, kondisi lembab di dalam rumah juga bisa memicu terjadinya pertumbuhan lumut dan jamur. Selain itu, penyebab lainnya adalah adanya bagian atap yang bocor atau air tanah mengalir di dinding rumah Anda.

Oleh karena itu, pada saat membangun rumah, Anda perlu memperhitungkan hal-hal yang berkaitan dengan bangunan dengan sangat detail. Ikuti saran dari arsitek yang memang sudah ahli di bidangnya. Menyewa jasa arsitek bisa menjadi solusi awal untuk mendapatkan rumah yang dapat awet dan terhindar dari jamur dan lumut.

Tanda Adanya Lumut dan Jamur

Untuk mengetahui adanya jamur, biasanya akan ada noda hitam di dinding rumah. Sedangkan lumut biasanya ditandai dengan warna hijau. Dua hal ini bisa menyebar ke lokasi yang lembab dan ada airnya.

Akibat Yang Ditimbulkan

Akibat yang ditimbulkan dari hal ini tidak hanya berhubungan dengan kurang indahnya pemandangan rumah saja. Akan tetapi rumah dengan lumut dan jamur juga akan lebih mudah lapuk dan kekuatan rumah menjadi berkurang.

Cara Menghilangkan Lumut dan Jamur di Dinding Rumah yang Dapat Dilakukan

Sebagai cara menghilangkan lumut dan jamur di dinding rumah, Anda bisa melakukan cara berikut ini:

  • Pakai masker dan sarung tangan
  • Gunakan kape sekrap dan sikat kering
  • Semprot dengan air bersih
  • Campur setengah kilo kaporit plus dua liter air dan larutan pemutih
  • Usap secara merata pada dinding dan tunggu selama 1 jam
  • Semprot air bersih lagi untuk membersihkan
  • Tunggu kering
  • Sapu atau usapkan cairan anti jamur dan anti lumut
  • Tunggu selama kurang lebih 2 hingga 6 jam
  • Diamkan dan bilas dengan air bersih lagi
  • Biarkan selama 1 hari atau tunggu hingga benar-benar kering
  • Cat rumah dengan cat dasar, tunggu kering

Demikian cara menghilangkan lumut dan jamur di dinding rumah yang dapat diterapkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *