5 Cara Menghemat Listrik di Rumah Tetapi Tetap Adem

cara menghemat listrik di rumah

Sebelum membahas cara menghemat listrik di rumah mari kita simak dulu ulasan dalam proses merancangnya. Dalam merancang rumah tinggal kita punya kecenderungan hanya berfokus kepada tampilan fisik. Pokoknya, kita ingin rumah nan menarik, indah, atau secara estetika baik. Namun apa yang terjadi ketika rumah itu ditempati?

Ternyata rumah tidak nyaman dihuni karena terlalu panas. Tanpa bantuan AC, rumah tersebut tidak layak huni. Penghuni berkeringat sepanjang waktu dan sulit melakukan aktifitas sehari-hari. Bahkan tidak jarang kita memerlukan AC dengan kapasitas mesin yang besar. Konsekuensinya, biaya listrik tinggi atau dengan kata lain “tidak hemat energi”.

Lantas apa yang harus dilakukan agar rumah indah tetapi tidak panas dan hemat energi? Langkah-langkah dibawah ini memberikan arahan secara garis besar agar panas dirumah berkurang secara alamiah tanpa AC. Dayanya dapat diminimalkan.

cara menghemat listrik di rumah

Cara Menghemat Listrik di Rumah Dengan Mudah

Tips berikut ini dapat Anda terapkan pada rumah yang Anda huni. Adapun tips dalam menghemat listrik di rumah dari jasa arsitek Jakarta yakni sebagai berikut:

  1. Prinsip utama menurunkan suhu panas di dalam rumah adalah mengurangi head gain (perolehan panas) radiasi yang jatuh mengenai bangunan rumah. Pengurangan radiasi matahari dapat melalui “Pembayangan” bangunan lain atau pohon besar di sekitarnya. Dari hasil penelitian penulis, suhu nyaman di Jakarta dicapai antara 24,50 hingga 28,50Celcius, dengan kelembapan dibawah 70% dan aliran udara diatas 0,2 m/detik.
  2. Usahakan agar ruang dibawah atap antara penutup atap dan langit-langit diberi ventilasi semaksimal mungkin, hal ini dimaksud agar udara panas yang ada di bawah penutup atap dapat dialirkan keluar. Sehingga panas tidak merambah ke langit-langit melalui proses konduksi.
  3. Jika rumah tidak menggunakan AC, usahakan agar terjadi aliran udara yang terus menerus di dalam rumah, terutama bagi ruang-ruang yang dirasa panas. Cara ini disebut ventilasi silang. Dari sisi akustik hal ini memang kurang menguntungkan, tapi merupakan pilihan. Hindari menutup seluruh lahan dengan bangunan. Hal ini menyebabkan tidak terciptanya aliran udara yang lancar. Ciptakan ruang-ruang terbuka di sekitar rumah jika lahan memungkinkan, agar ventilasi silang mudah berlangsung.
  4. Hindari penempatan ruang-ruang utama, seperti ruang tidur, ruang keluarga dan ruang tamu pada sisi barat, kecuali ada “Pembayangan”. Dinding ruang di bagian barat akan mendapat radiasi matahari siang dan sore yang sangat tinggi. Hal ini menyebabkan ruang menjadi panas.
  5. Minimalkan penggunaan material keras (beton, aspal) untuk menutup permukaan halaman, taman, carport atau tempat parkir jika tak ada peneduh. Material keras yang terkena radiasi matahari langsung akan menaikkan suhu udara di sekitar rumah dan akhirnya membuat ruangan di dalam rumah menjadi panas.

Itulah beberapa cara menghemat listrik di rumah namun rumah tetap terasa adem sehingga dapat menghemat pengeluaran rumah tangga Anda. Semoga bermanfaat.

Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

partisi kantor modern
Info

Partisi Kantor: Pengertian, Desain, dan Model Partisi Ruangan Kantor

Pernahkah Anda melihat atau bekerja disuatu perusahaan yang menggunakan berbagai macam partisi kantor atau penyekat yang baik? penyekat di dalam suatu kantor adalah suatu hal yang biasa Anda temukan. Tentunya bukan sembarang penyekat yang ala kadarnya tetapi lebih kepada penyekat ruangan yang akan menjadi pembatas antara ruangan satu dan yang lainnya atau sering disebut juga […]

Read More
rumah nyaman dan sejuk
Info

5 Tips Membuat Rumah Nyaman dan Sejuk Dengan Hemat

Membuat rumah nyaman dan sejuk untuk ditinggali merupakan salah satu ‘kewajiban’ yang harus dilakukan setiap penghuni rumah. Untuk merealisasikannya bisa dengan cara apa saja. Misalnya melengkapi ruangan dengan tempat tidur atau kursi yang empuk, memiliki home theatre, atau lainnya. Tidak harus selalu mahal kok, Anda juga bisa membuat rumah hunian Anda jadi lebih nyaman dengan […]

Read More
menata ruangan rumah di bulan Ramadhan
Info

3 Cara Menata Ruangan Rumah di Bulan Ramadhan Agar Lebih Islami

Cara menata ruangan rumah di bulan Ramadhan – Bulan suci Ramadhan memang bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam sedunia tak terkecuali di Indonesia, Karena dibulan inilah amalan-amalan ibadah dilipatgandakan. Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan alangkah baiknya kita menata rumah agar lebih bernuansa islami dan agar menambah kekhusyuan dalam beribadah. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu : […]

Read More