cara merawat lantai kayu

3 Cara Merawat Lantai Kayu Dengan Mudah

Cara merawat lantai kayu -Lantai kayu kini kian nge-hits di kalangan desainer rumah. Lantai ini sangat menarik dan terlihat elegan dipasang di rumah Anda. Lantai berbahan kayu ini memang sangat dirkomendasikan. Meskipun harganya yang relatif mahal akan tetapi lantai kayu sifatnya mudah rusak karena merupakan bahan alam. Sayang sekali kan kalau lantai bagus dan mahal cepat rusak?

cara merawat lantai kayu
Pixabay.com

Tahapan Cara Merawat Lantai Kayu

Berikut kami akan memberikan rahasia-rahasia merawat lantai kayu yang sederhana namun sangat penting:

Cara Membersihkan

Karena bahan kayu agak sensitif dan merupakan bahan alam, penggunaan zat kimia tidak direkomendasikan, karena lama-kelamaan akan merusak tekstur kayu. Sebaiknya bersihkan dengan cara ringan saja, yaitu menyapu dan mengepel.

Jangan Terlalu Sering Kena Air

Sifat kayu adalah mudah mengalami pelapukan jika terlalu banyak air. Jadi, pastikan jangan ada air menggenang disana. Jangan terlalu dipel dengan air, dan jangan mengepel dengan air terlalu banyak, setelah itu lalu dilap dengan kain kering. Pastikan jangan ada kebocoran atap dan juga air yang masuk dari jendela pada saat hujan.

Hindari Goresan

Lantai kayu lebih mudah tergores jika dibandingkan dengan lantai dari marmer atau bahan keramik. Untuk itu cara terbaik adalah jauhkan dari penyebab goresan. Ketika lantai dipasang, lapisilah dengan plastik dahulu agar tidak tergores. Selain itu jangan menaruh hewan peliharaan di dalam rumah, misalnya kucing karena hewan ini suka mencakar-cakar dan sangat mungkin akan menyakar lantai Anda.

Jangan gunakan sepatu heels di rumah karena hentakan kaki Anda juga rawan menimbulkan bekas di lantai kayu. Berhati-hatilah ketika memindahkan barang seperti kursi, meja atau almari. Pindahlah dengan cara mengangkatnya.

Cara merawat lantai kayu dengan cara sederhana di atas akan sangat membantu Anda merawat rumah kesayangan. Jangan biarkan barang mahal Anda rusak karena salah perawatan. Lakukanlah yang sederhana namun secara konsisten untuk menjaga keawetan lantai kayu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *