4 Tips Memilih Hunian yang Tepat

tips memilih hunian yang tepat

Tips memilih hunian yang tepat – Apakah Anda pasangan baru menikah yang sedang mencari tempat tinggal? Atau Anda sudah berkeluarga dan sedang mencari hunian baru? Jika begitu, Anda berada di posisi yang sama dengan kebanyakan orang lainya.

Bingung ? pasti, karena belakangan ini, promosi penyewaan dan penjualan tempat hunian tak ada henti-hentinya, baik itu rumah ataupun apartemen. Promosinya pun tidak tanggung-tanggung, bahkan sampai setiap hari diiklankan di televisi. Tapi, jagan mudah terperdaya dengan bujuk rayu dan promosi-promosi tersebut.

Untuk Anda yang sedang mencari tempat hunian baru, di bawah ini terdapat beberapa tips memilih hunian yang tepat.

tips memilih hunian yang tepat
Sumber: cluster kiana

Adapun Tips Memilih Hunian yang Tepat Yakni:

Lokasi Strategis

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah lokasi yang Anda inginkan. Jika Anda seorang pekerja, carilah tempat hunian yang tidak terlalu jauh dari kantor Anda. Apalagi jika Anda memilih untuk tinggal di kota besar dan rawan macet seperti Jakarta dan Bandung, usahakan agar tempat tinggal Anda sedekat mungkin dengan tempat Anda bekerja.

Akses Mudah

Setelah itu, liat aksesnya. Apakan akses menuju pusat kota mudah atau sulit. Bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan, cek akses kendaraan umum di tempat itu, jika sulit, lebih baik Anda tidak memilihnya. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kendaraan, liat akses berupa jalananya, apakan besar atau sempit, jalanya berlubang, rusak atau bagus.

Pilih Lingkungan yang Baik

Selanjutnya adalah memperkirakan rangsangan terhadap lingkungan. Yang dimaksud disini adalah posisi tempat hunian tersebut rawan banjir atau longsor. Apakah tempat tersebut terletak di dekat pabrik, terminal, stasiun atau bAndara. Apakah hunian tersebut terletak di pinggir jalan atau di daerah pinggiran kota.

Jika Anda tidak bekerja dengan perusahaan yang tersebut di atas, sebaiknya Anda hindari tinggal di daerah seperti itu. Bukan hanya terganggu dari segi polusi dari pabrik, tetapi juga polusi suara bising yang dapat mengganggu kegiatan dan konsentrasi Anda.

Harga yang Terjangkau

Hal selanjutnya adalah harga. Harga sangat bergantung terhadap fasilitas dan akses yang dimiliki residen tersebut. Semakin banyak peminatnya, maka akan semakin tinggi harganya. Hal itu pun tidak bisa lepas dari seberapa lengkap fasilitas (untuk apartemen dan perumahan), seberapa mudah akses dari residen tersebut. Apa saja yang terdapat di sekitar residen tersebut juga menjadi tolak ukur harga.

Banyak iklan-iklan yang menawarkan fasilitas seperti yang tertara di atas, akan tetapi tidak semuanya sesuai harapan. Maka dari itu, harus jeli saat mempertimbangkan tempat hunian tersebut.

Jika di iming-imingi akses hanya beberapa ratus meter saja dari jalan tol utama, jangan langsung meng’iya’ kan. Jikalau hanya 400 meter dari tol bukan berarti hunian tersebut bebas macet atau pun banjir. Kalau ternyata daerah macet, 400 meter tersebut akan memakan waktu lebih dari 2 jam.

Itulah beberapa tips memilih hunian yang tepat, semoga tips ini berguna bagi Anda yang sedang mencari sebuah hunian.

Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

82edb5cc 57c6 4569 9fef 7854473293d4
Info

Pentingnya Menjaga Sanitasi Untuk Terhindar Dari Penyakit yang Timbul Saat dan Pasca Banjir

Dua minggu sudah pergantian tahun berlalu. Gimana liburan dan acara tahun baru kalian kemarin?. Seru, bahagia, sedih, kecewa atau putus asa? Apapun itu, tetap semangat ya! Tahun baru memang sudah menjadi satu momen yang dinanti oleh kebanyakan orang. Banyak yang beranggapan bahwa tahun baru adalah memulai semangat dan harapan baru, terutama bagi netizen yang didominasi […]

Read More
rangka atap baja ringan
Info

Rangka Atap Baja Ringan Solusi Rangka Atap Rumah Masa Kini

Rangka atap baja ringan dapat menjadi solusi yang tepat untuk bangunan rumah Anda. Rangka atap baja yang kuat dan ringan menjadikannya sangat handal dalam menopang atap, mampu menghadapi kondisi cuaca ekstrim, tidak terganggu dari serangan rayap dan dapat bertahan hingga ratusan tahun. Sebuah investasi yang sangat menguntungkan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Rangka atap […]

Read More
Beli Rumah Cash atau KPR, Yuk Simak Tipsnya
Info

Beli Rumah Cash atau KPR, Yuk Simak Tipsnya !

Majalahproperti.com – Pengen punya rumah enaknya bayar tunai atau cicil ya, kita cari tahu! Berikut ini majalah properti akan memberikan tips mengenai beli rumah baik secara tunai/ Cash maupun membeli secara Kredit Pemilikan Rumah alias KPR. Saat sudah memasuki usia matang dan berkeluarga salah satu impian besar tapi terasa begitu berat adalah memiliki rumah sendiri, […]

Read More