Perlindungan Bagi Para Pemilik Properti Semakin Diminati di Jagad Digital

Jakarta, 8 Desember 2022 – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa dengan alasan kenyamanan, lebih dari 36% para pemilik property dalam industri teknologi properti berniat untuk beralih ke Asuransi Tertanam (Embedded Insurance) dengan biaya asuransi tradisional.

Sayangnya, 67% dari pemilik properti tidak mendapatkan penawaran asuransi selama proses pendaftaran mereka di platform teknologi properti seperti Booking.com, Airbnb, Vrbo, Expedia, dan platform sejenis lainnya.

Merunut pada riset global yang berfokus pada konsumen dari Cover Genius bersama dengan Momentive.ai mengungkapkan pentingnya Embedded Insurance (Asuransi Tertanam), yang dapat memberikan perlindungan bagi para pemilik properti yang digunakan sebagai hunian jangka pendek, yang terdaftar di dalam platform teknologi properti.

Cover Genius

Riset yang dilakukan terhadap lebih dari 15.000 pemilik properti secara global, di mana 545-nya berasal dari Indonesia, berupaya untuk memahami bagaimana minat konsumen terhadap distribusi asuransi model baru di mana para agen property, bank, pemberi pinjaman dana, pialang hipotek, portal pengiklanan property sewa jangka pendek, dan platform teknologi properti lainnya, menawarkan asuransi dalam proses pendaftaran untuk membeli atau menyewakan properti mereka.

Riset Cover Genius 1
Riset Cover Genius 2
Riset Cover Genius 3

Hasil riset tersebut juga mengungkapkan bahwa para pemilik properti sewa jangka pendek menginginkan lebih dari sekedar asuransi yang saat ini portal periklanan properti tawarkan selama masa sewa. Mereka menginginkan adanya asuransi bagi pemilik properti yang memberikan perlindungan sepanjang waktu.

Tak hanya itu, sebanyak 98% dari responden menyatakan bahwa kenyamanan merupakan faktor pendorong utama saat membeli asuransi yang ditawarkan oleh para penyedia platform, yang akan melindungi properti yang mereka miliki.

Para pemilik properti akhirnya membayar lebih untuk asuransi karena jenis proteksi yang ditawarkan oleh platform teknologi properti seringkali tumpang tindih dengan polis yang sudah mereka miliki sebagai pemilik properti. Masalah seperti inilah yang dapat terpecahkan dengan penerapan Embedded Insurance (Asuransi Tertanam), terutama di negara-negara di mana asuransi dari pemilik properti bersifat tidak wajib.

Baca Juga:  Technigroup is Celebrating The Grand Opening of Its Showroom in Indonesia

Hal ini dikarenakan asuransi yang ditawarkan oleh para pemilik properti bersifat tidak wajib dan adanya kondisi kurangnya pertanggungan yang dibayarkan. Dengan menggunakan Embedded Insurance (Asuransi Tertanam), sangat memungkinkan untuk menghilangkan biaya yang tumpang tindih dan akan membantu para pemilik properti untuk menghemat baik untuk polis asuransi ataupun biaya pengiklanan penyewaan property mereka.

Merunut kepada hasil riset, sebanyak 32% pemilik properti memilih untuk membayar lebih sedikit kepada situs penyedia teknologi properti dan sebanyak 35% dari responden memilih untuk membayar lebih sedikit untuk asuransi pemilik properti.

Angus McDonald, CEO dan Co-Founder dari Cover Genius mengatakan, “Saat ini para konsumen menginginkan pengalaman dari hulu ke hilir yang lebih baik ketika mereka menyewa dan atau membeli sebuah properti.

Dengan memanfaatkan Embedded Insurance (Asuransi Tertanam), perusahaan digital dapat menyederhanakan proses asuransi properti yang selama ini terkesan berbelit-belit dengan menyediakan perlindungan digital untuk seluruh siklus properti rumah, mulai dari konstruksi hingga kepemilikan hingga persewaan.

Riset yang kami lakukan ini menunjukkan adanya peluang besar bagi bisnis digital untuk memberikan solusi berbasis teknologi yang sangat bermanfaat bagi konsumen mereka, baik para pemilik properti sewa hunian jangka pendek, bank, pemberi pinjaman, atau penyedia platform teknologi properti.”

Lebih lanjut lagi dijelaskan dari hasil riset bahwa para konsumen memiliki pengalaman klaim asuransi yang tidak menyenangkan dengan asuransi properti. Hal inilah yang membuat mereka mencari perlindungan dari sumber yang lain.

Jika dilihat dari angka kepuasan konsumen atau Net Promoter Score (NPS), para pemilik properti, penyewa, dan pemilik tanah memberikan angka -3 untuk proses setelah klaim asuransi. Dari hasil riset juga didapatkan bahwa sebanyak 16% dari konsumen yang baru saja melakukan klaim asuransi sangat terbuka untuk berganti ke sumber lain dibandingkan mereka yang tidak melakukan klaim asuransi.

Baca Juga:  Harco Mangga Besar Hadir Guna Tingkatkan Investasi Pasar Melalui Sistem Cash Management Sistem (CMS)

Dengan angka kepuasan konsumen atau Net Promoter Score (NPS) di level +65, dan sebagai perusahaan asuransi teknologi untuk Embedded Insurance (Asuransi Tertanam), Cover Genius memberikan teknologi yang membantu proses klaim untuk Embedded Insurance (Asuransi Tertanam), yang lebih baik.

Hasil riset ini mengikuti tiga laporan inovatif yang menemukan bahwa konsumen di seluruh dunia lebih memilih jenis perlindungan tertanam (embedded insurance) di ranah lainnya dibanding perusahaan asuransi tradisional dengan alasan kenyamanan.

Ranah lainnya antara lain, maskapai penerbangan, agen perjalanan, dan bank (di mana mayoritas konsumen lebih memilih penawaran berdasarkan pemantauan transaksi).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *