Jakarta dan Tangerang Menjadi Lokasi Favorit Para Pencari Hunian

Jakarta dan Tangerang Menjadi Lokasi Favorit Para Pencari Hunian

*Alami Penurunan Pasokan sebesar 8% dan 6% di Kuartal IV-2016

Jakarta, 20 Maret 2017 – Berdasarkan hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index, Jakarta dan Tangerang masih menjadi lokasi favorit para pencari hunian di Indonesia. Meski demikian, pasokan hunian di kedua lokasi tersebut mengalami penurunan pada kuartal keempat tahun 2016 lalu.

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index merupakan survei tahunan yang dilakukan oleh Rumah.com bekerja sama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura, dengan total 1.030 responden yang dilakukan pada bulan November-Desember 2016 kemarin.

Wasudewan, Country Manager Rumah.com menjelaskan bahwa meskipun minat masyarakat terhadap hunian di wilayah Jakarta dan Tangerang tetap kuat, namun pasokan hunian di kedua wilayah tersebut ternyata malah menurun pada kuartal IV-2016. Data ini diperoleh dari Rumah.com Property Market Index berdasarkan perilaku 3,4 juta pengunjung Rumah.com yang mengakses 17 juta halaman properti setiap bulan di Rumah.com.

“Pada kuartal II dan III tahun 2016 lalu, pasokan hunian di Jakarta tumbuh 5% dan 3%. Namun pada kuartal IV, pasokan turun sebanyak 8%. Kondisi yang sama juga terjadi di Tangerang, Banten, yang lokasinya berbatasan dengan Jakarta. Pada kuartal II dan III tahun 2016 lalu, pasokan hunian di Tangerang tumbuh 2% dan 3%. Namun pada kuartal IV-2016, turun sebanyak 6%,” ujar Wasudewan.

Dia menambahkan, adanya aksi massa berjumlah besar yang terjadi pada kuartal IV tahun 2016 lalu serta adanya kampanye Pilkada DKI Jakarta dan Banten membuat para penjual properti memilih bersikap wait and see. Kondisi pasokan yang belum tumbuh signifikan mungkin akan terus berlanjut setelah melewati putaran kedua Pilkada DKI di bulan April 2017 ini dan sekaligus datangnya bulan Ramadhan serta Idul Fitri pada bulan Mei – Juni 2017 mendatang.

“Secara umum, Jakarta Selatan menawarkan pasokan hunian paling besar dibanding wilayah lain di ibukota, dengan jumlah sekitar 40%. Disusul Jakarta Barat (21%), Jakarta Timur (19%), Jakarta Utara (13%) dan Jakarta Pusat (6%). Komposisi ini tidak berubah secara signifikan sepanjang tahun lalu berdasarkan data Rumah.com Property Market Index,” ujarnya.

Meskipun demikian, pencari properti di wilayah Jakarta dan Tangerang tetap dapat menemukan hunian idaman secara mudah karena Rumah.com telah dilengkapi fasilitas virtual tour 3 Dimensi. Ini penting sekali bagi mereka yang hanya memiliki waktu dan informasi terbatas tentang lokasi dan properti pilihan mereka.

“Dengan keunggulan teknologi saat ini, calon konsumen properti dari seluruh Indonesia dapat menemukan hunian di wilayah Jakarta atau Tangerang melalui kanal www.rumah.com/perumahan-baru. Bahkan di Rumah.com pencari properti bisa menemukan ulasan properti terlengkap di Review Properti (www.rumah.com/review) untuk mengetahui spesifikasi bangunan, fasilitas pendidikan dan transportasi hingga proyek properti lain di sekitar lokasi pilihan mereka,” pungkas Wasudewan.

Berikut 10 besar Lokasi Favorit Pencari Properti di Indonesia :

  1. Jakarta
  2. Tangerang
  3. Bekasi
  4. Bandung
  5. Bogor
  6. Depok
  7. Surabaya
  8. Semarang
  9. Medan
  10. Denpasar

*Rumah.com Property Affordability Sentiment Index merupakan survei yang dilakukan Rumah.com bersama lembaga riset Intuit Research, Singapura dengan total 1.030 responden dari seluruh Indonesia. Survei ini berlangsung selama November-Desember 2016.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

rukita
Berita Properti

Peduli Kesehatan Mental Para Penghuninya, Rukita Perkenalkan Kampanye Senyaman Di Rumah

Jakarta, 02 Mei 2021 – Rukita, perusahaan coliving dengan pertumbuhan paling pesat di Indonesia, resmi memperkenalkan kampanye terbarunya yang bertajuk “Senyaman di Rumah”. Kampanye ini secara khusus dirancang sebagai respon atas persoalan kesehatan mental yang marak terjadi di masa pandemi yang belum berakhir di Indonesia. Berdasarkan survei Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terhadap 130 negara terkait […]

Read More
Cat Eksterior Membuat Rumah Semakin Berkarakter
Berita Properti

Cat Eksterior Membuat Rumah Semakin Berkarakter

Cat eksterior, mungkin ada banyak yang salah kaprah dalam penggunaan cat atau penyebutan cat ini. Dalam penggunaan misalnya, meremehkan fungsi cat eksterior, seperti mengoplosnya dengan cat lain (beda merek, jenis, kualitas, atau aplikasi), tidak mengindahkan langkah-langkah pengaplikasian yang dianjurkan, serta menggunakan cat interior alih-alih untuk eksterior. Dalam penyebutan, orang seringkali menyamakan cat eksterior dengan waterproofing, […]

Read More
Arumaya Residences
Berita Properti

Arumaya Residences Topping Off Sesuai Target

JAKARTA – 26 Maret 2021 – Adanya pandemi Covid-19 tak menyurutkan langkah dua developer ternama, ASTRA Property dan Hongkong Land dalam melanjutkan proses pembangunan proyek Arumaya Residences. Bentuk komitmen terhadap konsumen ini berbuah manis, dengan dilaksanakannya seremoni topping off Arumaya Residences sesuai target yang dijadwalkan, Jumat (26/03/2021), di lantai 24 gedung apartemen Arumaya Residences. “Pelaksanaan […]

Read More