HIMKI Dorong Pelaku Industri Tingkatkan Ekspor

HIMKI Dorong Pelaku Industri Tingkatkan Ekspor

Majalahproperti.com – Jakarta, 13 Oktober 2016 – Para pelaku industri mebel dan kerajinan di Indonesia diharapkan terus berinovasi untuk menghasilkan produk-produk berkualitas. Hal ini untuk lebih meningkatkan nilai jual produk mereka, tidak hanya di pasar dalam negeri tetapi juga pasar ekspor. Hal ini ditekankan oleh Wakil Ketua Umum Bidang Promosi & Pemasaran Himpunan Industri Mebel & Kerajinan Indonesia (HIMKI), Bernardus Arwin.

Menurutnya pasar ekspor produk mebel dan kerajinan Indonesia masih sangat terbuka lebar. Ia mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak keunikan budaya yang bisa menjadi inspirasi bagi inovasi-inovasi di bidang mebel dan industri.

Dalam skala global, pasar ekspor Indonesia masih sangat jauh tertinggal dari negara lain. Dalam lima tahun terakhir, nilai pasar ekspor produk mebel Indonesia berada di kisaran US$2 miliar per tahun. Sementara nilai pasar mebel dunia pada 2015 mencapai US$241 miliar. China menjadi negara pengekspor mebel terbesar di dunia dengan nilai ekspor mencapai US$98,7 miliar.

“Saat ini, nilai ekspor kita masih jauh tertinggal dibanding negara lain. Bahkan kita tidak masuk dalam jajaran 10 besar negara pengekspor mebel dunia. Di Asia sendiri kita masih berada di bawah Malaysia dan Vietnam. Vietnam termasuk pemain baru dan 10 tahun lalu nilai ekspor mereka baru mencapai US$20 juta. Tetapi saat ini, mereka berhasil menempati posisi 7 besar dunia dengan nilai ekspor mencapai US$7,6 miliar,” ujar Bernardus Arwin di JIExpo, Kamis (13/10).

Oleh karena itu, ia sangat berharap para pelaku industri mebel di Indonesia bisa terus meningkatkan produksi mereka dengan produk-produk berkualitas dengan standar internasional, termasuk dalam hal sertifikasi.

Untuk lebih memperkenalkan produk Indonesia ke pasar ekspor dunia, HIMKI akan kembali menggelar pameran mebel dan kerajinan B2B (business to business) terbesar di Indonesia dan kawasan regional, Indonesia International Furniture Expo (IFEX).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, gelaran IFEX pada 2017 akan kembali diadakan di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta. IFEX 2017 rencananya akan dihelat pada 11 – 14 Maret 2017 dan masih mengusung tema yang sama dengan tema sebelumnya, The Essence of Infinite Innovation.

Booth IFEX menjadi salah satu peserta kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 yang digelar oleh Kementerian Perdagangan Indonesia. IFEX ikut meramaikan kegiatan ini sebagai peserta sekaligus sebagai ajang mempromosikan IFEX kepada para pelaku industri mebel dan kerajinan Indonesia.

Kehadiran booth IFEX di acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 juga menjadi salah satu bagian dari upaya menarik pelaku industri mebel dan kerajinan untuk berpartisipasi dalam IFEX 2017. Booth IFEX pada cara TEI 2016 berada di Hall B yang khusus menampilkan para pemain industri furnitur Indonesia.

“Kehadiran kami di sini adalah untuk mempromosikan IFEX kepada teman-teman pelaku industri mebel dan kerajinan. Kami ingin mengajak mereka untuk membuka diri lebih luas lagi ke pasar internasional,” ujar Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi & Hubungan Antar Lembaga HIMKI, Abdul Sobur.

Ia menyatakan HIMKI merupakan organisasi yang menaungi seluruh pelaku industri mebel dan kerajinan Indonesia. Sebelumnya, para pelaku industri mebel dan kerajinan Indonesia memiliki dua organisasi yang berbeda.

Penggabungan dua organisasi ini diharapkan akan semakin memperkuat industri mebel dan kerajinan Indonesia agar mampu bersaing di kancah internasional. Abdul Sobur menyatakan optimismenya bahwa industri ini akan mampu memenuhi target yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu mencapai nilai ekspor US$5 miliar pada 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

rukita
Berita Properti

Peduli Kesehatan Mental Para Penghuninya, Rukita Perkenalkan Kampanye Senyaman Di Rumah

Jakarta, 02 Mei 2021 – Rukita, perusahaan coliving dengan pertumbuhan paling pesat di Indonesia, resmi memperkenalkan kampanye terbarunya yang bertajuk “Senyaman di Rumah”. Kampanye ini secara khusus dirancang sebagai respon atas persoalan kesehatan mental yang marak terjadi di masa pandemi yang belum berakhir di Indonesia. Berdasarkan survei Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terhadap 130 negara terkait […]

Read More
Cat Eksterior Membuat Rumah Semakin Berkarakter
Berita Properti

Cat Eksterior Membuat Rumah Semakin Berkarakter

Cat eksterior, mungkin ada banyak yang salah kaprah dalam penggunaan cat atau penyebutan cat ini. Dalam penggunaan misalnya, meremehkan fungsi cat eksterior, seperti mengoplosnya dengan cat lain (beda merek, jenis, kualitas, atau aplikasi), tidak mengindahkan langkah-langkah pengaplikasian yang dianjurkan, serta menggunakan cat interior alih-alih untuk eksterior. Dalam penyebutan, orang seringkali menyamakan cat eksterior dengan waterproofing, […]

Read More
Arumaya Residences
Berita Properti

Arumaya Residences Topping Off Sesuai Target

JAKARTA – 26 Maret 2021 – Adanya pandemi Covid-19 tak menyurutkan langkah dua developer ternama, ASTRA Property dan Hongkong Land dalam melanjutkan proses pembangunan proyek Arumaya Residences. Bentuk komitmen terhadap konsumen ini berbuah manis, dengan dilaksanakannya seremoni topping off Arumaya Residences sesuai target yang dijadwalkan, Jumat (26/03/2021), di lantai 24 gedung apartemen Arumaya Residences. “Pelaksanaan […]

Read More