Tips Bibit Bunga Agar Cepat Tumbuh di Pekarangan Rumah

Bunga adalah tanaman hias yang dapat menambah keindahan taman, halaman, bahkan ruangan di dalam rumah secara signifikan. Warnanya yang bervariasi serta bentuknya yang elok sungguh enak dipandang mata.

Selain sebagai penghias untuk karangan bunga, memandang bunga juga menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan penat dan stress. Bunga bisa dibeli dalam bentuk jadi atau sudah besar atau Anda bisa menanamnya mulai dari bibit.

Biasanya yang ingin hasil instan dan langsung dinikmati membeli bunga yang sudah jadi, sedangkan bibit tentu saja harganya lebih murah, namun butuh waktu agar bisa dinikmati. Nah, bagi Anda yang memutuskan untuk membeli bibitnya saja untuk ditanam di pekarangan rumah, berbahagialah karena disini kita akan mengulas tips bibit bunga agar cepat tumbuh.

Bibit Bunga Agar Cepat Tumbuh
Pixabay.com

Memilih Bibit Bunga

Tentu saja memilih bibit bunga yang memang cepat tumbuh. Ya, seperti buah yang memiliki waktu panen yang berbeda beda, tiap jenis bunga juga memliki waktunya sendiri untuk bersemi. Jadi kalau Anda ingin cepat-cepat melihat bunga yang berkembang dengan indah dipekarangan rumah Anda, maka pilih bibit bunga yang masa seminya pendek.

Bibit bunga cepat tumbuh contohnya adalah bunga sepatu, yang mempunyai masa semi atau berbunga hanya dalam 3,5 bulan. Lalu ada juga bunga kanthil dengan masa semi yang sama. Kemudian bunga anggrek bulan juga masa seminya cukup pendek, sekitar 4 bulan.

Bunga yang besar biasanya mempunyai waktu semi yang lebih lama. Seperti bunga lavender atau matahari yang masa seminya 5-6 bulan atau bunga golden crown yang masa seminya bahkan mencapai 7-8 bulan.

Cara Menanam dan Merawatnya

Selain faktor genetika atau bibit itu sendiri, faktor cara kita menanam dan merawatnya tentu ikut mempengaruhi pertumbuhan bunga. Bibit bunga cepat tumbuh pun dapat terhambat perkembangannya menjadi lebih lama, atau malah gagal bersemi dan mati total jika kita tidak benar dalam langkah langkah perawatannya.

Baca Juga:  3 Tips Membuat Atap Beton Agar Bebas Bocor

Oleh karena itu, simak tips tips dalam menanam dan merawat berikut ini. Yang pertama adalah siapkan media atau tempat menanam yang baik. Media tersebut harus memenuhi kriteria seperti tanahnya subur, dan bisa menopang bunga khususnya bagi bunga yang nantinya berukuran besar agar tidak rubuh.

Tips agar bibit bunga cepat tumbuh berikutnya dari segi penanaman dan perawatan adalah dengan membenamkan bibit bunga di bawah permukaan tanah pada media, namun jangan terlalu dalam.

Kemudian, Anda juga harus menyiram bibit tersebut secara rutin namun tidak berlebihan (sekitar 2 hari sekali dengan air yang bersih). Jika turun hujan, segera masukkan tanaman Anda. Lalu, pastikan bibit Anda mendapat sinar matahari yang cukup.

Pemupukan juga merupakan faktor yang penting. Paling tidak Anda harus memberi pupuk sebulan sekali.

Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah tersebut, niscaya bunga Anda akan cepat tumbuh dengan indah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *