Jangan Tergesa-gesa Membeli Properti di Area Reklamasi Teluk Jakarta

Jangan Tergesa-gesa Membeli Properti di Area Reklamasi Teluk Jakarta

Majalah Properti.com – Terjeratnya kasus korupsi yang melibatkan anggota DPRD DKI Jakarta M.Sanusi dengan Presdir Agung Podomoro Ariesman Widjaja dalam hal reklamasi teluk Jakarta, membuka lembaran hitam properti di Jakarta.

Oleh sebeb itu YLKI dalam jumpa persnya mengatakan masalah reklamasi di Teluk Jakarta masih timbul sengkarut, terutama terkait perizinan, dan kelayakan dari sisi lingkungan. Tetapi ironisnya pengembang (developer) tertentu sudah gencar menawarkan/mengiklankan penjualan produk properti. Dan sebagian konsumen sudah tergiur untuk membelinya.

Dalam pandangan YLKI, konsumen yang melakukan transaksi/membeli properti di area reklamasi Teluk Jakarta posisi hukumnya sangat lemah. Potensi timbul sengketa/permasalahan di kemudian hari sangat besar.

Oleh karena itu, demi menghindari pelanggaran hak-hak konsumen di bidang properti, YLKI menyarankan agar konsumen jangan tergiur oleh tawaran/iklan dari pengembang apapun yang menawarkan produk properti di daerah reklamasi Teluk Jakarta, sebelum masalah perizinan reklamasi Teluk Jakarta mengalami titik terang. Secara detil, pengembang harus mengantongi perizinan dibidang properti, yakni:

Ada 4 dokumen hukum/perijinan yang harus dimiliki pengembang sebelum memasarkan produk property :

  1. ijin prinsip : 2) ijin reklamasi ; 3) ijin pemenfaatan reklamasi ; 4) ijin mendirikan bangunan (IMB). Semua ijin dikeluarkan Pemda DKI.
  2. Saat ini sejumlah pengembang baru memiliki ijin prinsip dari Pemda DKI.
  3. Jangan sekali – kali melakukan transaksi produk properti hasil reklamasi, apabila pengembang belum memiliki 4 perijinan di atas.
  4. Ylki meminta Pemda DKI untuk menghentikan promosi/pemasaran produk property hasil reklamasi yang tidak didukung 4 dokumen/perijinan Pemda DKI tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

rukita
Berita Properti

Peduli Kesehatan Mental Para Penghuninya, Rukita Perkenalkan Kampanye Senyaman Di Rumah

Jakarta, 02 Mei 2021 – Rukita, perusahaan coliving dengan pertumbuhan paling pesat di Indonesia, resmi memperkenalkan kampanye terbarunya yang bertajuk “Senyaman di Rumah”. Kampanye ini secara khusus dirancang sebagai respon atas persoalan kesehatan mental yang marak terjadi di masa pandemi yang belum berakhir di Indonesia. Berdasarkan survei Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terhadap 130 negara terkait […]

Read More
Cat Eksterior Membuat Rumah Semakin Berkarakter
Berita Properti

Cat Eksterior Membuat Rumah Semakin Berkarakter

Cat eksterior, mungkin ada banyak yang salah kaprah dalam penggunaan cat atau penyebutan cat ini. Dalam penggunaan misalnya, meremehkan fungsi cat eksterior, seperti mengoplosnya dengan cat lain (beda merek, jenis, kualitas, atau aplikasi), tidak mengindahkan langkah-langkah pengaplikasian yang dianjurkan, serta menggunakan cat interior alih-alih untuk eksterior. Dalam penyebutan, orang seringkali menyamakan cat eksterior dengan waterproofing, […]

Read More
Arumaya Residences
Berita Properti

Arumaya Residences Topping Off Sesuai Target

JAKARTA – 26 Maret 2021 – Adanya pandemi Covid-19 tak menyurutkan langkah dua developer ternama, ASTRA Property dan Hongkong Land dalam melanjutkan proses pembangunan proyek Arumaya Residences. Bentuk komitmen terhadap konsumen ini berbuah manis, dengan dilaksanakannya seremoni topping off Arumaya Residences sesuai target yang dijadwalkan, Jumat (26/03/2021), di lantai 24 gedung apartemen Arumaya Residences. “Pelaksanaan […]

Read More