You are here
Home > Developer > Dua Tol Ini Akan Merubah Wajah Kota Depok

Dua Tol Ini Akan Merubah Wajah Kota Depok

Ruko Galeria Sawangan 01

Adv

Majalah Properti.com – Depok merupakan salah satu kota penyangga Ibu kota DKI Jakarta, dimana perkembangan wilayahnya dapat ber kontribusi besar untuk mengurai kepadatan yang terjadi di Ibu Kota, kota Depok telah mengalami dua kali transformasi besar yang dapat menarik masyarakat dan dunia bisnis untuk melakukan aktifitas di kota Depok sekaligus mengurangi kepadatan di Ibu Kota.

Transformasi pertama adalah pembangunan kawasan perumnas tahun 1976-1980, dan dianggap pembangunan yang berhasil karena merupakan proyek percontohan perumnas. Transformasi kedua adalah pindahnya Kampus Universitas Indonesia ke Depok tahun 1987. Perpindahan Kampus UI ke Depok ini mengubah wajah Kota Depok. Namun perubahan terlihat pesat hanya di wilayah Margonda Raya, sedangkan di bagian wilayah lainnya di Depok perkembangan masih jauh lebih lambat.

Pembangunan dua jalur tol yang melintasi kota Depok diprediksi akan menjadi transformasi ketiga dan terbesar untuk kota Depok, Tol Cijago (Cinere Jagorawi) yang menghubungkan Depok, Cinere, Pondok Cabe (TangSel), sampai ke Serpong, dan Tol Desari (Depok-Antasari) yang menghubungkan jalan Sawangan (Depok) hingga Antasari (JakSel) yang rencananya akan rampung pada Juli 2016. Kehadiran dua tol ini akan merubah wajah kota Depok, perkembangan area kota di Depok akan meluas ke wilayah Depok Barat.

Wilayah Sawangan dan Bojongsari merupakan wilayah yang diprediksi akan berkembang pesat kedepannya, jika kita flashback pada keadaan beberapa tahun silam sampai saat ini, perkembangan wilayah yang sangat pesat terjadi di Simatupang, Jakarta Selatan. yang merupakan perbatasan antara Jakarta Selatan dan Depok. Simatupang bagaikan bendungan yang menahan air mengalir ke daerah Depok, namun dengan terealisasinya dua jalur tol tersebut, maka bendungan tersebut akan terbuka dan mengalir deras ke wilayah Depok, terutama wilayah Sawangan dengan adanya akses tol Depok-Antasari. Di wilayah Bojongsari pergerakan pembangunan infrastruktur seperti pelebaran jalan yang telah terealisasi dan hunian vertikal yang menjamur dari arah Ciputat sudah mulai mengarah ke wilayah Bojongsari, dikarenakan lokasi akan sangat dekat dengan jalur tol Cinere-Serpong yang berada di perbatasan Ciputat dan Bojongsari.

Saat ini sudah terlihat urbanisasi dari Jakarta Selatan menuju wilayah Sawangan Depok, masuknya pengembang property besar seperti Sinar Mas Land dengan project Telaga Golf Residence seluas 120Ha di Sawangan, Wika realty dengan Tamansari puri Bali residence di Sawangan, Citraland juga sudah mulai memasarkan perumahan CitraLake di area Bojongsari. Tak hanya residensial, wilayah komersial baru juga menjamur di kawasan yang akan dilalui kedua tol ini, seperti area komersial Galeria Sawangan yang berjarak hanya 800 meter dari pintu tol Depok-Antasari, Tak tanggung-tanggung komplek ruko ini membangun 54 unit ruko dangan fasilitas lengkap seperti Halte, Laybay, Musholla, Pos Jaga, Security 24 jam, area taman hijau, dan lahan parkir yang luas, serta planning pembangunan Apartment di lahan pengembangan yang telah dipersiapkan di samping komplek ruko Galeria Sawangan. Di area Bojongsari juga telah terpampang hoarding proyek pembangunan Mall dan Apartemen bernama Sawangan City yang siap menyambut pergerakan ekonomi baru di wilayah Depok bagian barat. Sangat terlihat bahwa para pengembang dan investor telah memprediksi perkembangan besar dan wilayah investasi yang semakin menjanjikan di wilayah Depok barat ini.

2.206 views

Tinggalkan Balasan

 
Top