You are here
Home > Berita Properti > Pameran Infrastruktur dan Perumahan untuk Rakyat Digelar 28-29 November 2015

Pameran Infrastruktur dan Perumahan untuk Rakyat Digelar 28-29 November 2015

Konfrensi Pers PU | pu.go.id
Konfrensi Pers PU | pu.go.id

Jakarta,Besok Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Raktyat akan mengadakan pameran infrastruktur dan rumah, Seperti yang di lansir Pu.go.id. Dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-70, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan “Pameran Infrastruktur dan Perumahan untuk Rakyat” di Area Parkir Plaza Selatan, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Pameran berlangsung pada hari Sabtu-Minggu tanggal 28-29 November 2015. Pameran ini merupakan salah satu bentuk pelayanan informasi bagi publik untuk dapat mengetahui berbagai langkah Pemerintah, khususnya Kementerian PUPR, dalam mempercepat pembangunan infrastruktur di berbagai daerah di Indonesia.
Demikian disampaikan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi Budaya dan Peran Masyarakat Lana Winaryanti kepada wartawan, Kamis (26/11). Ajang pameran ini akan memperlihatkan kemajuan pembangunan infrastruktur baik pembangunan bendungan dan pengairan, pembangunan jalan dan jembatan, penataan permukiman masyarakat, jasa kontruksi, maupun berbagai hasil inisiatif penelitian dan pengembangan dalam bidang infrastruktur.
Pameran diikuti oleh para pengembang perumahan, perbankan, lembaga keuangan dan berbagai pihak yang turut berpartisipasi dalam penyediaan dan pembiayaan perumahan rakyat. Para pengembang akan menyediakan informasi tentang rumah skala kecil dan menengah, termasuk untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Sedangkan perbankan dan lembaga keuangan akan menyediakan klinik bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi terkait cara memperoleh rumah dan mengakses berbagai skema pembiayaan perumahan.
Dalam pameran disamping diisi oleh booth informasi dan penjualan oleh pengembang perumahan, juga akan ada klinik/ layanan konsultasi kepada masyarakat luas diantaranya :
1 Layanan pemanfaatan hasil penelitian – Balitbang,
2 Layanan proses rumah Negara – Ditjen. Ciptakarya,
3 Layanan informasi sanitasi dan air bersih – Ditjen. Ciptakarya,
4 Layanan informasi penghunian rumah susun – Ditjen. Penyediaan Perumahan,
5 Layanan informasi pembangunan rumah swadaya – Ditjen. Penyediaan Perumahan,
6 Layanan dan informasi K3 – Ditjen. Bina Konstruksi,
7 Layanan jasa konstruki – Ditjen. Bina Konstruksi,
8 BLU P2DPP, Layanan KPR Bersubsidi masyarakat umum,
9 BAPERTARUM-PNS, Layanan bantuan perumahan untuk PNS,
10 Badan Wakaf Al’Azhar, layanan informasi wakaf (termasuk tanah dan uang)
11 Layanan KPR oleh Perbankan
Melalui pameran ini, maka masyarakat luas dan stakeholders diharapkan dapat memperoleh informasi dari tangan pertama di lingkungan Kementerian PUPR perihal bagaimana langkah-langkah di jajaran teknis kementerian dalam membangun infrasruktur dan menyediakan perumahan di Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku, Papua, Sumatera, maupun Jawa-Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara.
“Pameran Infrastruktur dan Perumahan untuk Rakyat ini merupakan bukti dari keseriusan Pemerintah untuk menunaikan amanah negara di dalam mendorong pengembangan ekonomi nasional dan daerah, serta untuk mendorong pemerataan akses masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah, dalam memperoleh rumah yang layak dan terjangkau,”ujar Lana.
Bersamaan dengan acara pameran, juga terdapat rangkaian acara peringatan Hari Bakti PU ke-70 lainnya, yaitu dialog dengan komunitas blogger, berbagai lomba, door prize, fun bike, fun walk, dan gowes dari Gedung sate Bandung hingga Plaza Selatan, GBK, Senayan.(ind)

306 views

Tinggalkan Balasan

 
Top