You are here
Home > Perbankan > Hal Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Kredit

Hal Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Kredit

MajalahProperti.com – Membeli rumah mungkin adalah salah satu keputusan terpenting yang akan Anda buat. Hal ini seringkali menjadi keputusan pembelian terbesar dalam hidup Anda. Ketika mempertimbangkan untuk membeli rumah, Anda perlu menimbang-nimbang segala aspek, psitif-negatif, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan dan perhitungkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah.

  • Meningkatnya Beban Biaya Bulanan
    Karena Anda harus mencicil KPR, pengeluaran bulanan Anda bisa saja meningkat dibanding sebelum Anda membeli rumah, tergantung pada situasi Anda. Bahkan jika pengeluaran bulanan Anda sama, Anda juga harus membayar pajak properti tahunan (PBB), semua utilitas (listrik dan air), dan semua biaya pemeliharaan dan perawatan untuk rumah. Seringkali Anda juga perlu menyediakan peralatan yang harus disewa untuk perawatan rumah.
  • Menurunnya Mobilitas Anda
    Anda yang sudah terlanjur memutuskan membeli rumah di daerah tertentu tidak bisa bebas pindah rumah seperti halnya jika Anda menyewa. Jika Anda hanya menyewa rumah dan terpaksa harus pindah tempat kerja/ aktivitas utama Anda, Anda hanya perlu memberitahukan kepada pemilik rumah. Tetapi untuk Anda yang sudah memiliki rumah, seringkali harus menjual rumahnya dahulu untuk pindah, apabila jarak tempat kerja yang baru terlalu jauh dan dalam jangka waktu yang lama. Jual rumah bisa menjadi proses yang memakan waktu dan tenaga.
  • Ada Kemungkinan Penyitaan
    Jika karena alasan tertentu Anda tidak dapat melakukan pembayaran KPR, rumah yang Anda tempati ada kemungkinan untuk disita. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya rumah Anda dan juga ekuitas yang telah Anda dapatkan. Dan juga hilangnya nama baik Anda di mata perbankan.
276 views

Tinggalkan Balasan

 
Top